Rabu, 27 Juni 2007

bagaimana rumah cerdas bekerja ?

Rumah cerdas selanjutnya akan saya sebut sebagai 'sistem rumah cerdas' ,'sistem otomasi rumah', 'smart home system', atau 'home automation system' . Sistem bekerja sesuai dengan perintah yang kita berikan pada chip komputer di kontrol panel. Chip mikrokontroler padakotak panel kontrol adalah otak dari sistem ini.

Pada dasarnya ada tiga hal yang dikerjakan sistem ini, menerima masukan , mengolah masukan dan mengeluarkan respon hasil pengolahan, masukan bisa berupa digital , seperti kontak switch on/off, sensor pintu atau jendela, sms dari telepon selular dan lainnya. Inputan bisa juga berupa sinyal analog, misal inputan dari sensor suhu, dari sensor kelembaban, dari sensor-sensor lainnya.

Masukan akan diterima blok input dan selanjutnya di proses oleh mikrokontroler sesuai dengan program atau perintah yang kita buat, ujung akhirnya adalah respon untuk dikeluarkan ke output, keluaran ini dapat berupa penyalaan lampu, penyalaan pendingin, pengaktifan sirene , pengiriman data sms ke telepon seluler, pengiriman data melalui telepon rumah, pengiriman data ke server internet, dan seterusnya.

Selanjutnya lihatlah gambar dibawah ini .... [sedang dibuat ...]

artikel ini bersambung ... mohon bersabar ya !


-- aldi haryadi

Tidak ada komentar: